Wednesday, June 5, 2013

Kue Pia Paling Enak di Internet


Duh! Aku tuh emang nggak bisa ya yang namanya jauh dari cemilan! Di mana aja, kapan aja, aku pasti nyari cemilan deh. Nggak di kantor, nggak di rumah. Malahan, kalau lagi pergi sama teman-temanku aja, aku suka tiba-tiba ngeloyor gitu aja kalau ada cemilan yang kayaknya enak.

Belakangan ini, aku lagi suka banget makan pia. Rasanya enak ya ternyata? Crunchy-crunchy gimanaaa gitu. Udah gitu, nggak repot juga kalau mau dibawa-bawa, Pas banget lah buat aku.

Sempat nemu di Wikipedia tentang kue panggang super enak yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula dan terbungkus tepung ini, awalnya dikenal dengan sebutan bakpia. Istilah bakpia sendiri berasal dari dialek Hokkian, dari kata “bak” yang artinya daging [umumnya babi] dan “pia” yang berarti kue. Secara harfiah bisa diartikan roti isi daging.


Bakpia termasuk kuliner yang cukup populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup terkenal kelezatannya berasal dari Pathok, Jogjakarta.  Mengingat masyarakat Jogja cukup banyak yang beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, kumbu hitam dan lainnya. Walaupun nama bakpia sudah sangat melekat dan dikenal luas untuk sebutan kue ini, namun tidak sedikit orang juga mulai menyebutnya dan lebih mengenalnya dengan kue pia atau pia saja.


Sebetulnya ada 2 macam kue pia yang bisa kita jumpai. Pia yang aku ceritakan di atas adalah  pia kering yang kulitnya berlapis-lapis seperti pastry dan yang kedua adalah pia basah. Pia basah ini sebetulnya lebih mirip roti, tapi karena dipanggang di kedua sisinya sehingga bentuknya jadi seperti pia, maka dinamakan pia basah. Keduanya sama-sama enak, tapi aku pribadi lebih suka si crunchy pia kering.


Nah, repotnya, gak banyak yang jual pia kering di Jakarta. Ada beberapa toko kue yang aku datengin, eh mereka nggak jual pia. Sebel! Akhirnya aku coba browsing di internet! Ternyata ada lho toko-toko online yang jual pia! Jadi, nggak usah muter-muter lagi nyari pia, tinggal order aja, nanti dianterin ke kantor atau rumah aku!

Jujur nih, aku udah nyobain beberapa toko online yang jual pia. Ada yang enak, ada yang biasa aja, malah ada yang nggak banget! Tapi, aku udah nemu nih kue pia paling enak di internet!

Waktu itu aku nggak sengaja nemu toko ini di internet. Hmmm, nama tokonya apa ya? Pia Jepun Bali deh kalau nggak salah. Pia di toko ini yang paling enak yang pernah aku cobain selama aku beli kue pia di internet! Udah gitu, toko pia yang ini punya pilihan kue pia yang banyak! Ada yang rasa susu keju, coklat kacang, coklat mint, strawberry, sama ubi ungu! Favorit aku sih yang susu keju, sama ubi ungu! Unik ya, kue pia, crispy gitu, isinya ubi ungu?!

Beberapa hari yang lalu aku baru beli lagi dari Pia Jepun Bali. Sekalian aja aku beli banyak. Aku beli yang susu keju 2, ubi ungu 1, sama coklat kacang 1. Lumayan buat stok di kantor sama di rumah!

1 comment:

  1. udah pernah nyobain Pia Diva ta mbak

    bisa liat2 fotonya disini

    https://www.facebook.com/pages/Pia-Diva-Oleh-Oleh-Khas-Bali/126542717455703

    ReplyDelete