Thursday, November 28, 2013

Pancake Durian, Oleh-oleh Maknyus Khas Medan


Minggu lalu aku abis dari Medan, mumpung lagi ada promo tiket pesawat murah hihihi… Dari awal tujuan aku ke Medan itu untuk wisata kuliner, salah satu aktivitas yang gak pernah bosen aku lakuin. Who cares about diet, right? Aku seneng banget karena ternyata di Medan juga banyak tempat jajanan seru, makanya gak heran kalo kota ini juga udah banyak didatengin turis-turis asing.

Sebelum pergi, pastinya aku riset dulu tempat buat beli oleh-oleh yang paling terkenal. Ternyata sewaktu sampe sana, ada supir taksi yang baik dan nganterin aku ke tempat-tempat kuliner yang aku mau, jadi aku gak perlu repot-repot lagi deh. Kebanyakan tempat-tempat yang aku datengin itu cukup ramai, mungkin karena emang udah terkenal. Aku sempet beli bika Ambon, bolu Meranti, sirup Markisa, teri Medan, dan… pancake durian.


Dari semua makanan khas Medan yang paling membekas buat aku itu pancake durian! Yes, kalo ke Medan gak makan yang berbau-bau duren itu kurang afdol rasanya, karena durian emang sangat terkenal di Medan. Gak sedikit juga orang Indonesia, bahkan turis asing, yang suka makan durian. Apalagi buah durian ternyata mengandung fosfor dan zat besi 10 kali lipat lebih banyak dibanding buah pisang, serta mengandung mineral alami yang mudah dicerna sama tubuh kita. Selain itu, di dalam buah durian juga terkandung karbohidrat, serat, dan protein. Udah enak, nyehatin lagi!

Saking terkenalnya buah durian di Medan, sampai ada macam-macam produk olahan durian di kota ini, seperti ketan dan keripik durian. Ketan durian ini juga disebut kinca, aku biasa suka makan dengan roti tawar. Sayangnya waktu ke Medan kemarin, aku gak sempat cobain kinca asli sana. Tapi buat aku, kinca buatan Mama udah yang paling enak sejagad raya hehehe…



Bukan cuma di Medan aja, tapi durian juga cukup terkenal di Asia. Di Singapura, bahkan sampai ada gelato dengan rasa durian. Di Malaysia juga ada pancake durian lho, tapi di sana dinamakan durian crêpe. Wow, durian rules! 




Bedanya pancake durian dengan pancake biasa itu jelas ada pada buah khas Indonesia yang totally addictive, the one and only… durian. Rasanya? Jelas enak banget! Teksturnya lembut dengan rasa durian yang khas. Kebayang kan durian yang lembut dibungkus dengan kulit pancake? Enaknya dobel! Tapi bentuknya sendiri lebih mirip kue bantal dibanding pancake beneran, karena kotak dan puffy. Aku suka pancake durian juga karena lebih praktis dibanding makan buah durian, soalnya gak perlu repot kupas kulitnya dan tangan juga gak belepotan.

Ukuran pancake durian sendiri relatif kecil. Satu pancake bisa aku abisin dalam dua kali caplok hehehe… Begitu digigit, durian yang dibalut pancake itu akan seketika lumer di mulut. Aroma durian masih tercium meskipun gak sekuat kalo kita makan buah durian langsung. Manisnya juga pas, jadi bikin kita makin ketagihan. Duh, jadi pengen lagi, asli!

Soal harga, satu potong pancake durian bisa mencapai sekitar 25 ribu rupiah. Tapi kalo aku gak cukup makan satu potong aja, pasti pengen nambah lagi! Untungnya aku nemu online shop yang jual pancake durian dengan harga yang bersahabat . Senangnya, jadi bisa sering-sering makan pancake durian tanpa perlu jauh-jauh ke Medan.



Sekilas cerita aku tentang pancake durian. Ada yang udah pernah coba? Share yuk!

2 comments:

  1. Bisa di sharekah online shop yg jualan pancake yg rasanya mendekati yg aslinya? Tengkyu

    ReplyDelete
  2. Bagi Anda Pecinta durian di seluruh tanah air yang ingin sekali makan durian namun di daerah Anda belum musim durian, maka Kami bisa jadi solusi Anda.

    Kami siap kirim ke seluruh Kota-Kota besar di Indonesia dan pesanan diantar langsung ke alamat Anda,

    Bagi Anda pecinta durian di seluruh tanah air yang pengen makan durian tidak perlu report lagi, dan tanpa harus belah duren, jadi tinggal leppp!! Sangat baik juga untuk P3KD (Pertolongan Pertama Pada Ketagihan Duren).

    Khusus pengiriman luar kota:

    Berdomisili di Kota Besar dan terjangkau dari Bandar Udara (menggunakan jasa cargo pesawat)
    Bersedia menerima order port to port dalam artian bersedia mengambil barang yang Kami kirim di Bandara yang terdapat di Kotanya
     
    SUMBER DURIAN
    Daging Durian Beku Berasal dari Medan Daerah Sidikalang, Bahorok, Siantar, Aceh, Sibolga, Kabanjahe, sehingga Kami tidak kekurangan stok untuk memenuhi kebutuhan Anda sepanjang tahun tanpa pengaruh musim!

    Kami Menjual Pancake Durian khas Medan
    Skala Kecil-Besar --->1 kotak isi 10 pancake harga @80rb ---> bisa dikirim dan dan dipaketkn utk pengiriman luar kota --->

    Berminattttttttttttt???? PM: 2AC416E7 or Call: 081375080124.. :D
    Tq.. (ง'̀⌣'́)ง

    ReplyDelete