Thursday, September 12, 2013

Cara-cara Terbaik Merawat Kebaya Kesayangan



Wanita pintar shopping? Udah nggak aneh! Kayaknya itu udah jadi suatu keharusan deh! Hehehe. Tapi wanita jangan sampai cuma pintar shopping-nya aja. Wanita juga harus pintar merawat barang-barang yang udah dia beli seperti tas, sepatu, perhiasan, aksesoris, dan tentunya baju, terutama banget baju-baju tradisional seperti batik dan kebaya.


Nah, salah satu yang paling tricky menurutku adalah merawat kebaya. Penting nih! Soalnya kebaya itu salah satu busana favorit untuk menghadiri pesta. Kalau nggak dirawat bisa-bisa ngurangin penampilan kita di mata banyak orang.

Ngomong-ngomong, aku juga termasuk yang suka belanja-belanja kebaya. Jangan heran deh kalau aku jadi sedikit banyak tahu soal cara-cara merawat kebaya kesayangan. So, aku mau share dikit nih soal cara merawat busana khas Indonesia ini.

Jangan sampai kebaya kalian nggak kerawat dan ujung-ujungnya rusak. Sayang banget soalnya! Emang kadang bingung, harus kayak gimana sih biar kebaya nggak gampang rusak? Gini nih cara-cara gampangnya.

Buat memelihara dan merawat kebaya, cara terbaik untuk nyucinya tuh di dry clean aja. Proses pembersihan ini harus jadi langkah pertama yang dilakukan. Males dry clean? Ada pilihan keduanya. Cuci sendiri aja kebayanya, tapi ingat harus pakai deterjen khusus kain halus lho. Kalau nggak, bukannya bersih, malah jadi rusak kebayanya. Habis dicuci, jangan dijemur di bawah matahari langsung kayak jemur kaos ya. Cukup diangin-angin aja sampai kering. Kalau udah kering, masukin ke box dulu sebelum disimpan dalam lemari. Oh iya, di dalam boksnya jangan lupa ditaruh juga silica gel/gel silikon. Supaya nggak jamuran.

Gimana kalau pas nyuci kebaya, terus ada benang yang nggak sengaja ketarik, atau malahan sobek sedikit? Jangan takut dan panik dulu. Yang pasti, jangan pernah menarik benang yang keluar, atau mengguntingnya. Kebaya adalah pakaian spesial, makanya treatment-nya juga harus spesial. Kalau kejadian kayak gitu, yang harus dilakukan adalah ditisik/disulam, atau justru ditutup pakai aplikasi kain.

Satu lagi yang harus diperhatiin juga, nambahin pelembut pakaian itu cuma boleh buat kebaya katun atau encim, sama kebaya lace dari polyester. Kalau kebaya dari lace Perancis dan ada payetnya, mendingan di-dry clean di binatu aja deh biar aman. 


Terakhir, gimana sih cara nyimpan kebaya yang benar? Yang pasti nih, jangan digantung! Soalnya, digantung justru bisa ngerubah bentuk kebaya. Yang bener nih, kalau udah kering, dilipat rapih aja, masukin boks, terus masukin lemari deh. Beres!

Udah siap belanja dan ngerawat kebaya supaya tampil cantik terus?

No comments:

Post a Comment