Tuesday, September 3, 2013

Kuliner Ria di Bandung



Kuliner. Kalo bahas kegiatan yang satu ini kayaknya nggak akan pernah ada habisnya! Siapa sih yang gak suka makan? Kalo kata Virginia Woolf: “One cannot think well, love well, sleep well, if one has not dined well.” I couldn’t agree more with her!

Aku selalu suka coba berbagai hal baru, apalagi kuliner. Karena semakin banyak peminat kuliner, sekarang jenis-jenis makanan pun makin beragam dan makin unik. Bukan cuma di Jakarta, tapi kota-kota lain di Indonesia juga udah banyak yang jadi target penggila kuliner, salah satunya Bandung.

Kalo dulu Bandung lebih sering dikenal dengan sebutan kota kembang karena banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana, sekarang Bandung juga lebih dikenal dengan tempat-tempat hiburannya, kayak deretan distro-distro yang sering dijadiin tempat tongkrongan anak-anak muda, cafe-café lucu, dan pastinya, tempat-tempat jajanan yang sering dijadiin tempat buat beli oleh-oleh saat berkunjung ke Bandung.

Karena saking banyaknya jajanan di Bandung dan gak mungkin aku sebutin semuanya satu per satu, jadi aku pilih yang paling terkenal aja (dan yang aku beli buat oleh-oleh waktu ke Bandung weekend kemarin), di antaranya:

1. Brownies Kartika Sari
Kalo ke Bandung gak beli brownies tuh ibarat kayak ke Jepang tapi gak beli Dorayaki hehehe… Menu yang jadi favoritnya ada brownies panggang chocolate chip dan raisin, brownies kukus coffee, ketan hitam, dan yang terbaru, rainbow kukus.




Kalo aku sih suka juga sama bolen pisang cokelat kejunya. Dan pastinya gak pernah bisa bikin aku berenti makan! Jadi kalo udah comot satu pasti langsung keterusan sampe abis hihihi…





2. Brownies Amanda
Nah, sekarang Brownies Kartikasari udah ada saingannya, namanya Brownies Amanda. Bedanya, brownies ini dikukus, jadi mirip-mirip bolu gitu. Rasanya legit banget! Pilihan rasanya juga ada macem-macem, mulai dari cokelat, blueberry, cheese cream, tiramisu, strawberry, lemon cheese, sampe yang versi tradisional seperti pandan, pisang, melon, atau teh hijau. Kalau aku sukanya rasa cokelat, blueberry, tiramisu, eh kok jadi banyak ya? Pokoknya aku suka semuanya! Hihihi…
 








3. Batagor H. Ihsan
Pasti pada setuju kalo aku bilang jajanan gorengan yang paling identik dengan Bandung itu batagor. Apalagi batagor yang satu ini, enaknya juara! Biasanya kalo makan di sini aku gak cukup cuma sepiring hehehe… Itu pun ditambah pesenan batagor mentahnya buat digoreng sendiri di rumah. Selain batagor, variasi menu yang ada di sini juga lumayan banyak, bahkan ada steak segala!




4. Martabak Bolu Golden Bell
Kalo bayangin martabak, biasanya kita pasti langsung bayangin sesuatu yang enak dan ehem… greasy. Tapi bedanya, martabak bolu yang satu ini lebih lembut dibanding martabak biasanya karena tanpa minyak (Goodbye, fattie! For now :D). Martabak ini juga lebih tahan lama dan masih tetap enak meskipun udah gak panas.  




5. Sale Sari Madu Raja Siyam
Buat cemilan ringan, pilihanku tetap sale basah yang paling sering dicari sama orang-orang dari luar Bandung. Karena terbuat dari pisang, cemilan ini pastinya juga menyehatkan. Kalo disantap sore-sore sama teh anget, hmm… Ada cowok ganteng  lewat di depan mata juga gak bakal aku tengok! Hahaha… Makanya aku seneng banget pas tau sale basah ini juga bisa dibeli online. Jadi aku bisa langsung pesen kalo lagi ngidam akut :D




Anyway, kira-kira itu jajanan khas Bandung yang paling sering diminati (dan paling sering aku beli :D). Kalo ada rekomendasi jajanan Bandung yang lain, boleh lho ditambahin di comment!


No comments:

Post a Comment