Thursday, December 19, 2013

Apa yang Tidak Bisa Didapat di Online Shopping

Yang namanya kaum hawa, pasti hobinya gak jauh-jauh dari yang namanya shopping. Apalagi sekarang kegiatan shopping udah makin praktis dengan adanya opsi online shopping. Kita jadi gak perlu ninggalin rumah buat beli barang yang kita mau, belanja bisa dilakuin di mana pun dan kapan pun (paling siap-siap kaget aja pas liat tagihan kartu kredit tiap bulannya hehehe).


Kelebihan-kelebihan online shopping memang cukup banyak, apalagi buat anak-anak muda penggemar barang-barang baru yang seringkali belum tersedia di area tempat tinggal mereka. Tapi bukan berarti online shopping bisa menggantikan traditional shopping alias belanja di toko begitu aja. Masih ada beberapa hal yang gak bisa kita dapetin melalui online shopping dan cuma bisa kita dapetin dengan berbelanja lewat cara lama, contohnya:
  1. Bisa coba sebelum beli
    Saat kita mau membeli pakaian baru, terutama
    brand baru, penting buat kita untuk coba dulu. Karena bentuk tubuh semua orang yang berbeda, jadi gak semua brand pakaian akan cocok di kita. Belum lagi kalo ukuran tubuh kita berbeda dibanding sebelumnya. Selain itu, kita juga bisa liat bahan pakaian yang kita mau secara langsung, bukan hanya sekadar liat fotonya di online shop. Intinya, belanja di toko gak bikin kita seperti membeli kucing dalam karung.
  2. Lebih akurat
    Karena kita bisa melihat langsung barang yang mau kita beli, kita jadi gak perlu mengira-ngira berapa ukuran dari barang tersebut. Terlebih suka ada foto-foto barang dagangan yang diambil dari Google, maka barang yang ada di foto bisa berbeda dengan barang aslinya.
  3. Lebih sedikit penyesalan
    Hampir semua
    online shoppers pasti pernah menyesal beli barang online dan pingin mengembalikan ke penjualnya. Kebanyakan toko punya peraturan sendiri perihal pengembalian barang yang udah dibeli. Sedangkan kalo mau mengembalikan barang yang dibeli online pasti butuh waktu dan proses yang lama. Bahkan mereka bisa jadi gak bersedia menerima lagi barang yang udah kita beli atau mungkin cuma mengembalikan sebagian uang kita, dan seringkali kita yang harus keluar uang untuk biaya pengiriman barang yang mau kita kembalikan. Maka dari itu, sebelum belanja online, baca benar-benar ketentuan pengembalian barang yang tertera di situs. Kalo sekiranya gak masuk akal, lebih baik belanja di toko aja.
  4.  Tidak perlu menunggu
    Meskipun belanja
    online terlihat lebih praktis, tapi saat kita belanja di toko, kita gak perlu menunggu lama sampai barang kita tiba di rumah. Belum lagi kalo ada masalah dengan pengiriman barang online, seperti keadaan cuaca yang gak bersahabat, kendala teknis, salah alamat, bahkan adanya kemungkinan barang yang kita beli hilang dalam proses pengiriman. Buat para online shoppers, pastikan online shop tempat kamu memesan barang memiliki reputasi yang baik, dan seberapa sering mereka melakukan kesalahan dalam proses pengiriman.
  5.  Lebih masuk akal
    Karena gak semua barang bisa dibeli online, seperti misalnya parfum. Gak mungkin banget kan kita bisa tau wangi sebuah parfum lewat internet? Kita harus datang ke toko buat tahu seperti apa wangi parfum yang mau kita beli.




Itu dia kurang lebih hal-hal yang gak bisa kita dapatkan saat kita belanja melalui online shop. Ada yang pernah punya pengalaman seru (atau malah buruk) saat online shopping?  Yuk di-share aja!

No comments:

Post a Comment