Tuesday, December 10, 2013

Go Green With Online Shopping

Weekend, dan nggak punya rencana apa-apa sama temen. Emang agak ngebosenin. Tapi buat aku hal itu cuma berarti satu, more free time to do the online shopping! Yes, bisa dibilang aku udah agak kecanduan nih sama aktivitas yang satu ini. Gimana bisa nggak kecanduan? Pilihan barangnya macam-macam, nggak makan waktu aku, dan harganya juga relatif lebih murah jika dibandingin sama toko offline. Semua barang yang aku pengen bisa aku beli. Tinggal tunggu, sampai deh di depan rumah.

Itu adalah salah satu keasyikan tersendiri dari online shopping. Tapi tahu gak, di salah satu toko tempat aku beli aksesoris rambut baru-baru ini, ternyata ada fakta baru yang menarik banget. Masa katanya online shopping itu eco-friendly sih? Di situ sih dibilangnya kalau dibandingin sama shopping dengan cara tradisional ya.

Hmmm, aku jadi mikir-mikir, dan mulai ngebanding-bandingin antara online shopping sama shopping biasa nih. Aku beranggapan, agak susah sih emang kalau langsung di-judge segimana eco-friendly online shopping itu. Emang sih, toko online itu nggak butuh space yang besar kayak toko biasa. Makanya juga cenderung lebih hemat energi. Tapi aku coba bandingin lagi antara online shopping sama kalau aku pergi ke mal.

Misalnya nih ya aku mau beli baju. Mana yang lebih eco-friendly antara aku beli baju ke mal, sama kalau aku beli bajunya di toko online. Kalau aku ke mal, udah pasti aku harus pakai kendaraan ke sananya. Misalnya aku pakai mobil pribadi deh. Coba aja kalkulasiin kalau semua orang berpikiran kayak aku, dan pakai mobilnya masing-masing buat ke mal? Sebanyak apa pencemaran lingkungannya coba?

Kalau belanja di toko online, aku cuma nunggu aja di rumah. Pihak tokoonline emang ngirimin ke rumah aku sih pakai kendaraan. Tapi kalau banyak orang di daerah rumah aku yang mesen ke toko itu, mereka akan nganter semua barang pesanan di daerah itu cuma dengan memakai satu kendaraan aja. Nah, di sini, online shopping udah lebih eco-friendly daripada shopping tradisional.

Sisanya, ya kayak yang aku bilang di atas. Kalau toko tradisional pasti makan lahan yang besar, dan makan energi yang besar banget. Buat pendingin ruangan lah, buat lampu-lampunya, buat segala macam teknologi hiburannya lah. Kalau tokoonline, mereka nggak perlu semua itu.


Nah, jadi, ikut aku go green with online shopping?

No comments:

Post a Comment