Monday, December 23, 2013

Mengolah Oatmeal Supaya Nggak Hambar

Kayaknya gak lengkap ya kalau jadi cewe tapi belum pernah mencoba diet sama sekali? Demi menjaga bentuk tubuh ideal, gak jarang cewe-cewe mau ngelakuin apa aja, contohnya bikin menu makan yang ketat dan sehat.

Oatmeal biasanya jadi primadona nih buat yang lagi diet, atau yang lagi pengen ngejalanin pola hidup sehat. Menu sarapan ini emang oke sih. Soalnya makanan ini termasuk rendah lemak dan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Tapi gak enaknya, oatmeal kurang bersahabat di lidah!

Harus diakui emang kalau rasa oatmeal itu agak aneh, hambar! Tapi bukan berarti nggak bisa dimakan dong. Yang diperluin cuma ide-ide brilian untuk mengolahnya jadi lebih enak di lidah aja, hehehe.

Beberapa orang menambahkan air dan juga susu untuk membuat rasa oatmeal menjadi lebih diterima di lidah. Tapi kalau mau lebih kreatif, banyak cara yang bisa dipakai untuk menambah rasa oatmeal. Nih aku kasih cara dan bahan-bahannya! Simple kok ;)

Saus Cokelat
Salah satu cara paling simpel untuk menambah rasa oatmeal. Tambahan saus cokelat ini pas banget kalau lagi makan oatmeal pakai susu. Soalnya walaupun masih pake susu, kadang oatmeal masih terasa hambar. Nah, saus cokelat ini bisa ditambahkan ke dalamnya untuk sensasi rasa yang manis dan legit. Dijamin rasa oatmeal-nya pasti lebih menarik!

Buah/Sirup
Mau ngerombak abis-abisan rasa oatmeal pas sarapan? Tambahin aja beberapa potong buah ke dalamnya. Lebih mantap lagi kalau buahnya tuh buah yang berair, kayak apel, mangga, semangka, anggur, strawberry, atau kiwi. Rasa yang masuk ke mulut bakal jadi beda 100 persen! Kalau lagi nggak ada buah di rumah, bisa juga tambahin beberapa sendok sirup buah ke dalamnya.


Jadikan Topping
Nah, sekarang oatmeal-nya justru dijadiin topping. PIlihan aku sih, oatmeal dijadiin topping di menu salad. Mau itu salad buah atau salad sayuran, coba deh ditambahin oatmeal. Kalau mau lebih nikmat lagi, tambahin sedikit whipped cream, buah delima, atau strawberry.

Kacang-kacangan/buah kering
Ini nih salah satu trik paling klasik. Oatmeal dicampur kacang-kacangan atau buah kering itu jodoh kayak match made in heaven. Nikmat banget! Untungnya lagi, bikin tambah sehat juga. Mau itu almond, kacang mete, kismis, aprikot, walnut, sampai pistachio, semuanya cocok!



Oat Chaat
Gimana kalau oatmeal dijadiin cemilan? Kenapa nggak? Cobain deh buat dibikin chaat, snack yang berasal dari India. Caranya, campur oatmeal sama sayuran seperti timun yang dicincang, bawang, paprika, cabai hijau dan tomat. Diaduk rata dulu, sebelum ditambahin bumbu perasa sedikit, dan tambahan jus lemon. Kalau pengen lebih kenyang lagi, tambahin aja susu sedikit. Pas!

Pancake
Bosan makan oatmeal dengan cara gitu-gitu aja? Sekali-sekali dibikin jadi pancake aja! Aku suka bikin kayak gini nih kalau lagi weekend. Pancake gandum kayak gini tetap nikmat kok. Tinggal pilih topping yang pas sesuai selera aja. Di-combo sama kopi atau teh, makin nikmat!


Untuk resep lebih detailnya bisa dicari di internet ya, banyak banget variasinya kok. So, mulai sekarang ga perlu susah payah lagi deh buat nelen oatmeal hehe…

3 comments: